Saturday, March 5, 2011

Format Penulisan Laporan Praktikum Fisika

3/05/2011 11:10:00 PM

Pada akhir kegiatan praktikum selalu terdapat laporan yang harus diselesaikan dan kemudian dikumpulkan ke guru yang bersangkutan. Contohnya saja laporan fisika. Berikut dibawah ini adalah sistematika atau format laporan praktikum mata pelajaran fisika. 

  1. Jenis Praktikum. Berisi tentang jenis/judul praktikum yang akan dilaksanakan.
  2. Tujuan Praktikum. Berisi tentang tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan praktikum.
  3. Dasar Teori. Berisi tentang teori-teori, konsep-konsep, persamaan maupun grafik dan model gambar atau alat yang bergubungan dengan materi praktikum. Dasar teori diambilkan dari buku paket (buku pegangan) yang relevan.
  4. Alat dan Bahan. Berisi alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan praktikum.
  5. Langkah Kerja. Berisi langkah-langkah kerja yang sestematis dalam melaksanakan praktikum.
  6. Data Pengamatan/ Percobaan. Berisi data hasil pengamatan/pengukuran terhadap besaran-besaran yang diinginkan. Data pengamatan dapat disajikan dalam bentuk tabel atau grafik.
  7. Analisis Data dan Pembahasan. Berisi perhitungan data pengamatan/percobaan untuk menentukan nilai suatu besaran yang diinginkan desertai kesalahan percobaan secara kuantitatif. Pembahasan menyajikan komentar tentang data pengamatan/percobaan yang diperoleh seta kemungkinan penyebab terjadinya kesalahan yang terdapat dalam data pengamatan. Perhitungan menggunakan terori kesalahan.
  8. Kesimpulan dan Saran. Berisi tentang hasil akhir dari perhitungan analisis data yang isinya disesuaikan dengan tujuan praktikum. Saran berupa langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperkecil kesalahan/penyimpangan dalam melakukan praktikum agar diperoleh data pengamatan dan hasil percobaan yang lebih baik.
  9. Pustaka atau Sumber. Berisi daftar buku yang digunakan sebagai rujukan. 

Diposting oleh

Berbagi informasi untuk semua. Internet, desain grafis, software dan lain sebagainya. Semuanya bebas untuk dinikmati disini. Jangan lupa tinggalkan komentar agar blog ini semakin maju dan tetap hidup. Terima kasih.

4 tanggapan, kritik, saran, serta komentar.:


 

© 2014 Saonone's. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top