Tuesday, August 31, 2010

Enzim dan strukturnya

8/31/2010 01:44:00 PM

Enzim merupakan senyawa organik yang tersusun atas protein. Dalam metabolisme bertindak sebagai biokatalisator/ katalisator organik (zat yang mempercepat jalanya reaksi tetapi tidak ikut bereaksi) yang dihasilkan oleh sel. Enzim bekerja pada suatu substrat
yang bekerja spesifik, dan dipengaruhi oleh suhu, pH, konsentrasi substrat/ enzim, dll.

Struktur enzim terdiri dari:
> Apoenzim, yaitu bagian enzim yang tersusun dari protein yang akan rusak bila suhu terlampau panas (termolabil).
> Kofaktor, yaitu bagian enzim yang tidak tersusun dari protein, tetapi dari on logam atau molekul organik yang disebut Koenzim. Molekul gugus prostetik lebih kecil da tahan panas, ion logam yang menjadi kofaktor berperan sebagai stabilisator agar enzim tetap aktif. Koenzim yang terkenal pada rantai pengangkutan elektron yaitu NAD (Nikotinamid Adenin Dinukleotida), FAD (Flavin Adenin Dinukleotida), sitokrom.
Enzim mengatur kecepatan dan kekhususan ribuan reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel. walaupun enzim dibut di dalam sel tetapi untuk bertindak sebagai katalis tidak harus berada di dalam sel. Reaksi yang dikendalikan oleh enzim antara lain ialah respirasi, pertumbuhan dan perkembangan kontraksi otot, fotosintesis, fiksasi, nitrogen, dan pencernaan.

Diposting oleh

Berbagi informasi untuk semua. Internet, desain grafis, software dan lain sebagainya. Semuanya bebas untuk dinikmati disini. Jangan lupa tinggalkan komentar agar blog ini semakin maju dan tetap hidup. Terima kasih.

0 tanggapan, kritik, saran, serta komentar.:

Post a Comment


 

© 2014 Saonone's. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top