Thursday, May 12, 2011

Ikatan Logam

5/12/2011 09:50:00 PM

Ikatan Logam adalah ikatan antaratom logam dalam suatu unsur logam dengan menggunakan interaksi antar elektron valensi. Unsur logam mempunyai kecenderungan untuk menjadi ion positif karena energi potensial ionisasi yang rendah dan mempunyai elektron valensi sedikit. Hal ini berakibat bahwa elektron valensi dalam atom-atom logam bebas bergerak dari atom yang satu ke atom lainya untuk membentuk suatu iktan yang disebut dengan ikatan logam.
Kenyataan ini dapat dipakai untuk menerangkan mengapa logam merupakan penghantar panas dan listrik yang baik.

Logam tersusun secara teratur dalam suatu kisi kristal yang terdiri dari ion postif logam dalam larutan elektron valensi. Elektron-elektron ini bergerak bebas mengelilingi inti atom yang ada di dalam kristal.

Larutan elektron dalam kristal logam memegang erat ion-ion positif pada logam sehingga bila logam dipukul/ditempa tidak akan pecah, tetapi akan menggeser. Karena itu, logam bersifat ulet, dapat ditempa dan diulur menjadi kawat.

Diposting oleh

Berbagi informasi untuk semua. Internet, desain grafis, software dan lain sebagainya. Semuanya bebas untuk dinikmati disini. Jangan lupa tinggalkan komentar agar blog ini semakin maju dan tetap hidup. Terima kasih.

0 tanggapan, kritik, saran, serta komentar.:

Post a Comment


 

© 2014 Saonone's. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top