Friday, May 6, 2011

Rekor Internet: 100 Terabit per Detik

5/06/2011 03:39:00 PM

NEW YORK - Para peneliti telah menetapkan rekor dunia dengan memindahkan lebih dari 100 terabit data per detik melalui kabel serat optik tunggal. 
Jadi berapa banyak data, tepatnya? Ya, 100 terabit yang setara dengan 250 cakram Blu-ray dua sisi atau sekira tiga bulan video HD yang terus diputar, berhasil dipindahkan. 
Menurut NewScientist, yang dikutip Selasa (3/5/2011), Dayou Qian dari NEC berhasil mencapai laju transmisi data dari 101,7 terabit per detik melalui 165 kilometer serat. 
Qian berhasil dengan "memeras" kecepatan cahaya dari 370 laser terpisah menjadi pulsa yang diterima oleh penerima. Setiap laser dipancarkan erat sempit sendiri spektrum inframerah, dan masing-masing mengandung beberapa polaritas, fasa dan amplitudo gelombang cahaya untuk kode setiap paket informasi. 
Sementara itu, Jun Sakaguchi dari Japan National Institute of Information and Communications Technology di Tokyo juga berhasil mengirimkan data 100-Terabit per tolok ukur kedua dengan mengembangkan serat dengan 7 core. Tiap core masing-masing membawa 5,6 terabit per detik, menghasilkan total 109 terabit per detik. 
"Kami memperkenalkan dimensi baru, perkalian spasial, untuk kapasitas transmisi meningkat," jelas Sakaguchi. 
Namun demikian, NEC Ting Wang berpendapat aplikasi pertama transmisi 100-terabit kemungkinan akan terjadi di dalam pusat data perusahaan raksasa seperti Google, Facebook dan Amazon. 
(tyo)

Diposting oleh

Berbagi informasi untuk semua. Internet, desain grafis, software dan lain sebagainya. Semuanya bebas untuk dinikmati disini. Jangan lupa tinggalkan komentar agar blog ini semakin maju dan tetap hidup. Terima kasih.

7 tanggapan, kritik, saran, serta komentar.:

  1. wah keren kk , cepet bgtr ya ,downloaD GAME 3GB cuma sedetik .

    ReplyDelete
  2. keren sob postingannya. kapan ya bisa terjadi disini??

    ReplyDelete
  3. ingin juga nantinya menikmati speed super dewa seperti itu.:D

    ReplyDelete
  4. waw ......nice keren abissss......semoga

    ReplyDelete


 

© 2014 Saonone's. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top