Wednesday, October 5, 2011

Obat Baru Dikembangkan untuk Penderita Leukimia

10/05/2011 04:56:00 PM

LONDON - Tim peneliti di Inggris baru saja menemukan obat yang mampu mengobati leukimia atau kanker darah. Peneliti dari University Cambridge, di Inggris, mengumumkan pembentukan sebuah obat baru yang dapat digunakan untuk mengobati salah satu bentuk paling umum dari kanker darah, mixed lineage leukemia (MLL) yang merupakan penderita leukimia yang disebabkan karena faktor perpaduan keturunan. Kondisi ini seringkali mempengaruhi bayi.


Dalam sebuah makalah yang dipublikasikan jurnal ilmiah Nature edisi 2 Oktober. Tim mengatakan bahwa obat menunjukkan suatu hal yang menjanjikan ketika dilakukan uji coba dan mereka berencana untuk memperluas tes mereka lebih jauh.

Lebih dari 10 persen dari semua orang dewasa didiagnosis memiliki leukemia yang disebabkan oleh MLL. Namun lebih parah terjadi pada anak-anak, di mana 80 persen dari semua kasus leukemia akut diyakini karena MLL. Perawatan standar seringkali gagal untuk menyembuhkan pasien tersebut. Demikian seperti dikutip Softpedia, Selasa (4/10/2011).

Bahkan jika mereka berhasil melakukan penyembuhan, maka waktunya tidak akan lama karena penyakit ini memiliki kebiasaan buruk untuk datang kembali. Hal ini terjadi karena bentuk kanker darah juga memiliki dasar genetik.

Penyelidikan baru ini juga melibatkan para ahli dari Wellcome Trust/Cancer Research UK Gurdon Institute dan Cambridge Institut for Medical Research. Para peneliti dari GlaxoSmithKline (GSK) dan Cellzome AG juga memberikan kontribusi untuk penelitian, yang didanai oleh Cancer Research UK.

Bersama-sama, peneliti menetapkan bahwa rumpun dari protein BET  bertanggung jawab untuk memimpin peleburan protein dengan target gen yang menyebabkan leukemia. Molekul BET mengenali bagian kimia tertentu dalam pembentukan DNA yang disebut chromatin.

GSK membuat senyawa kimia yang dikembangkan dari I-BET151, senyawa ini telah terbukti mampu mengalihkan perhatian dari protein BET, sehingga mencegah mereka untuk memberikan peleburan protein untuk target awal mereka.

Para ahli mengatakan metode ini telah digunakan secara eksklusif pada model tikus dan dalam budaya sel kanker manusia di laboratorium. Sejauh ini, pendekatan penelitian ini terbukti bekerja, sehingga tim berharap untuk segera melakukan uji klinis.

"Pekerjaan kami menunjukkan jenis leukemia yang bergantung pada MLL di mana mampu mengikat protein chromatin melalui BET," jelas profesor Tony Kouzarides, wakil direktur Wellcome Trust/Cancer Research UK Gurdon Institute.

"Ini merupakan 'epigenetik', pendekatan yang digunakan untuk terapi dengan target DNA chromatin. Pendekatan ini adalah sebuah jalan baru yang menarik untuk penemuan obat yang kami harap akan berguna untuk jenis kanker lain selain MLL leukimia ," tambahnya.

"MLL leukemia sangat sulit untuk diobati dan satu-satunya pilihan untuk pasien yang kebal terhadap pengobatan standar ialah transplantasi sumsum tulang belakang. Kami berharap temuan ini akan berarti di masa depan terhadap penyembuhan dengan menggunakan prosedur ini kepada anak-anak," jelas Dr Brian Huntly dari University of Cambridge Institute for Medical Research. (tyo)



sumber

Diposting oleh

Berbagi informasi untuk semua. Internet, desain grafis, software dan lain sebagainya. Semuanya bebas untuk dinikmati disini. Jangan lupa tinggalkan komentar agar blog ini semakin maju dan tetap hidup. Terima kasih.

0 tanggapan, kritik, saran, serta komentar.:

Post a Comment

 

© 2014 Saonone's. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top