Monday, August 20, 2012

Mafiaboy: Kini Motivasi Hacker Adalah Meraup Uang

8/20/2012 01:25:00 PM

detail berita
CALIFORNIA - Seorang mantan hacker bernama Mike Calce mengatakan, motivasi hacker saat ini telah berubah menjadi ingin mencari keuntungan.
Calce yang dikenal sebagai "Mafiaboy" mengungkapkan, perbedaan motivasi hacker saat ini sangat berbeda dibandingkan dengan era-nya pada sekira 12 tahun lalu. "Motivasi hacker telah sangat berubah. Sekarang lebih tentang mencari keuntungan keuangan, sedangkan era saya, motivasinya adalah mendorong status quo," kata Calce. Calter pun sampai saat ini masih memiliki kontak dengan orang-orang yang digunakannya untuk mengetahui tentang yang ada di dalam komunitas hacker. "Banyak dari mereka yang masih aktif, tapi prioritasnya telah berubah," tuturnya. Calce mengarungi dunia hacker sekira pada 2000, ketika itu dia melepas serangan utama denial-of-service terhadap beberapa perusahaan teknologi besar, termasuk Amazon, Dell, Yahoo, eBay, dan CNN, yang semua itu dilakukannya saat berusia 15 tahun. Calce akhirnya ditangkap dan ditahan atas serangan yang dilakukannya tersebut. Tapi kini, Calce bekerja sebagai konsultan keamanan digital dan sebagai pembicara di konferensi TI. Dia juga pernah menulis buku tentang pengalamannya pada 2008, yakni MafiaBoy: How I Cracked the Internet and Why It's Still Broken. Selain motivasi yang telah bergeser, prioritas hacker pun juga turut berubah. "Jika 10 tahun lalu hacker lebih berbahaya untuk perusahaan besar dengan operasi online yang juga besar, tapi saat ini resiko individu juga jauh lebih besar," ungkapnya. Dia mengingatkan individu untuk meningkatkan tindakan pengamanan dasar, seperti membuat firewall dua arah pada komputer, mengubah Bluetooth ke posisi off (ada ponsel dan PC) bila sedang tidak menggunakan fitur tersebut, dan mengawasi setiap jenis data dan informasi yang dimasukkan secara online. "Manajer password adalah ide yang baik, karena hacker masih menggunakan teknik "brute force" yang sering digunakan pada password yang lemah," pungkasnya. (adl)

Diposting oleh

Berbagi informasi untuk semua. Internet, desain grafis, software dan lain sebagainya. Semuanya bebas untuk dinikmati disini. Jangan lupa tinggalkan komentar agar blog ini semakin maju dan tetap hidup. Terima kasih.

0 tanggapan, kritik, saran, serta komentar.:

Post a Comment


 

© 2014 Saonone's. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top