Monday, March 17, 2014

Minat Jadi Tenaga Freelance di Majalah?

3/17/2014 06:18:00 PM


Ilustrasi. (Foto: Reuters).
JAKARTA - Baru saja melepas toga, kalian pasti sudah dihadapkan dengan keharusan mencari pekerjaan. Para lulusan baru alias fresh graduate pun berlomba-lomba dalam mencari pekerjaan.

Tetapi, ada pula bagi kalian yang enggan serius terjun di dunia kerja namun memilih menjadi tenaga lepas atau freelance. Contohnya seperti di bidang industri majalah, apalagi bagi kalian yang mengambil jurusan komunikasi.

Menjadi seorang freelancer memang susah-susah gampang. Enaknya, kita bisa bekerja dari mana saja dan bebas menulis apa saja tanpa mengurangi kaidah yang berlaku. Kalau ingin bekerja menjadi freelancemajalah, apa saja sih yang harus dilakukan.

Yuk kita lihat cara kerja para freelancer yang bekerja di majalah buatfresh graduate, seperti dilansir dari laman How Stuff Works, Senin (17/3/2014).

Tulisan

Editor majalah sudah pasti ingin melihat contoh tulisan kalian. Pengalaman menulis untuk sekadar publikasi lokal, surat kabar mahasiswa, atau situs web bisa mempermudah kalian untuk mendapatkan beberapa pengalaman sebelum menghubungi nama-nama besar.

Setiap kali tulisan kalian diterbitkan, hasilnya bisa kalian simpan di sebuah file. Aturlah file tersebut sesuai dengan jenis penulisannya. Misalnya, bisnis atau pemasaran konten merupakan hal yang cukup berbeda dari cerita human interest. Ketika deadline, saatnya mengirim tulisannya ke editor tepat waktu.

Mempelajari tulisan

Banyak membaca hasil tulisan kalian dari majalah. Kalian harus membuktikan kepada editor jika kalian bisa menulis dengan baik. Untuk bisa menyasar target pembaca, sebaiknya kalian melakukan penelitian. Perhatikan jenis publikasi, kolom, dan pengisi. Kalian akan lebih mungkin untuk mendapatkan perhatian editor jika kalian mempunyai sebuah ide yang sempurna sesuai halaman yang ada.

Ide

Datanglah dengan ide-ide segar kalian. Maka kalian akan menikmati meneliti dan menulis, kalian harus menggenjot banyak ide-ide jika serius ingin tulisan diterbitkan. Yah, 10 ide pertama mungkin akan ditolak. Tapi jangan putus asa, terus berkreatif dengan sudut pandang baru.

Kontribusi

Setelah kalian mendapatkan tugas, selesaikanlah tepat waktu dan ini bisa menjadi momentum untuk mendapatkan pekerjaan lain. Pastinya kalian mempunyai pengalaman menulis, dari pengalaman-pengalaman itulah kalian bisa mengontribusikan ke pekerjaan yang sesungguhnya khususnya di bidang media massa. Selalu "menjual diri" dalam berkarya.(ade)

Diposting oleh

Berbagi informasi untuk semua. Internet, desain grafis, software dan lain sebagainya. Semuanya bebas untuk dinikmati disini. Jangan lupa tinggalkan komentar agar blog ini semakin maju dan tetap hidup. Terima kasih.

0 tanggapan, kritik, saran, serta komentar.:

Post a Comment


 

© 2014 Saonone's. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top