Monday, November 29, 2010

Meningkatkan kinerja PC dengan menambah ukuran virtual memory pada Windows XP

11/29/2010 03:43:00 PM

Haduh, bingung mau post apa, hhe. Setelah pikir-pikir-dan pikir akhirnya menemukan topik yang simple dan mungkin bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Langsung saja deh.
Random Access Memory atau yang akrab kita sapa RAM merupakan perangkat keras pada komputer yang digunakan untuk menyimpan informasi yang bersifat sementara, dengan kata lain jika komputer dimatikan maka informasi yang tersimpan di dalamnya akan hilang, lenyap, alias koid, hhe. Mungkin sebagai orang awam saya bisa katakan kecepatan kerja komputer tergantung dari kapasitas RAM yang ada, jadi semakin tinggi kapasitas yang ada maka semakin yahud kinerja komputer kita. Tapi bagaimana dengan komputer yang memiliki kapasitas RAM standar bahkan jadul atau dibawah standar?.
Jangan kawatir, mungkin cara ini bisa membantu teman-teman dalam mengatasi masalah ini, karena saya sendiri juga mengalami hal ini. Dengan spesifikasi yang terbatas komputer saya dipaksa untuk menjalankan software grafis yang notebene membutuhkan kapasitas RAM yang teramat sangat besar. Cara yang saya gunakan adalah dengan cara menambah virtual memory. Memang hasilnya tidak secepat dengan menambah RAM yang asli, tetapi mungkin bisa sedikit membantu.
Pada saat install windows xp, memory virtual yang diberikan kurang lebih sekitar 352MB ( di pc saya gt, :D ). Kita dapat menaikan ukuran tersebut menjadi 1GB sampai dengan terserah yang kita mau sesuai dengan kapasitas hardisk kita untuk partisi drive C:\ nya.( asal jgn full semua dipake).
- Klik "start" > klik kanan pada "my computer" pilih "properties".
- Pada kotak dialog "system properties" pilih tab "advanced" dan klik tombol "settings" pada bagian "Performance".
- Pada kotak dialog "performance option" pilih tab "advanced" dan klik tombol "change".
- pada option pilih "custom size" dan ubah value.nya kemudian klik tombol "set" dan klik "ok".
- makan virtual memory akan bertambah sesuai dengan anda masukan dan lihat hasilnya.



Diposting oleh

Berbagi informasi untuk semua. Internet, desain grafis, software dan lain sebagainya. Semuanya bebas untuk dinikmati disini. Jangan lupa tinggalkan komentar agar blog ini semakin maju dan tetap hidup. Terima kasih.

0 tanggapan, kritik, saran, serta komentar.:

Post a Comment


 

© 2014 Saonone's. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top