Thursday, April 6, 2023

Ternyata konten Pixabay bisa kena Copyright juga! - Pixabay License | Surganya Para Konten Kreator

4/06/2023 07:35:00 PM

Saya mau cerita ke temen-temen semua tentang video yang saya download dari pixabay untuk saya tes. Ini bisa kena copyright oleh youtube atau tidak? Dan ternyata…

Halo guys! Assalamualaikum. Siapa yang enggak tahu pixabay, situs yang menyediakan berbagai macam konten gratis termasuk video, foto, dan ilustrasi bahkan audio, macam-macam.

Sudah pernah saya bikin video sebelumnya, ibarat surga lah ya kalau buat konten kreator di internet itu. Nah, tapi ada beberapa temen-temen yang bertanya, apakah bisa kena copyright?

Pada akhirnya, sekitar 4 bulan yang lalu saya download beberapa video dari pixabay untuk saya tes apakah video tersebut bisa kena copyright oleh youtube atau tidak.

Jujur saja saya belum pernah coba ambil konten dari sana.

Hasilnya, setelah saya upload ke youtube, sampai hari ini, video tersebut tidak kena copyright dan aman untuk dipakai sebagai konten di youtube.

Video tersebut saya bikin asal-asalan, saya download kira-kira 10 video dari pixabay dan saya kasih musik yang saya ambil dari situs Uppbeat, saya edit, terus saya upload.

(Ternyata tidak kena copyright)

Kalau saya cek di youtube studio, di bagian konten, restrictions-nya itu statusnya None yang artinya aman, tidak copyright, insyaallah bisa dimonet, biasanya kalau kena copyright itu ada keterangannya. Copyright. Tapi ini endak.

Kalau masalah copyright itu saya biasanya lebih sering khawatir di audionya.

Banyak video saya yang kena copyright di bagian audio, terutama video-video cinematic ala-ala yang selalu saya bikin, itu hampir semua kena copyright. “wah, enggak bisa dimonet dong?” pasti, tentu saja.

Tapi buat saya enggak masalah, karena saya memang seneng bikinnya, dan itu lagu memang saya rasa cocok banget buat konten itu, saya rasa loh ya.

Lagipula konten saya yang kena copyright itu tidak memberikan views yang cukup signifikan, alias stuck aja disitu, jadi misalkan nanti sudah monet pun, ya pendapatannya sangat kecil sekali.

Bukan tidak mensyukuri ya, karena memang saya bikin video itu salah satunya untuk kepuasan saya, video jadi itu— saya udah puas, udah seneng aja gitu. Dan setiap video cinematic yang saya buat itu ada kenangan di situ, ada effort di situ, ada cerita di situ.

Ya memang, konten yang tersedia di Pixabay, termasuk gambar, video, dan vektor, bisa didownload dan digunakan secara gratis, asalkan diizinkan oleh lisensi penggunaan yang ditetapkan oleh si pembuat konten. Ini penting buat temen-temen semua untuk selalu cek lisensi konten di pixabay sebelum donwload.

Sebagian besar konten di Pixabay tersedia dengan lisensi Creative Commons Zero (CC0), yang berarti konten tersebut dapat digunakan secara bebas tanpa perlu memberikan atribusi kepada pembuat konten atau Pixabay.

Tapi bisa aja beberapa konten mungkin tersedia dengan lisensi Royalti Gratis (Royalty-Free) atau lisensi Standar. Nah kalau temen-temen mau pakai ini harus pakai atribusi, biasanya diminta untuk mencantumkan text tertentu di kolom deskripsi videonya.

Nah, penting untuk selalu memeriksa lisensi penggunaan yang terkait dengan setiap konten sebelum menggunakannya, tidak hanya di situs ini ya temen-temen, berlaku di situs manapun,

karena beberapa konten mungkin memiliki persyaratan penggunaan yang berbeda tergantung pada kebijakan pembuat konten. Jadi pastikan untuk membaca dan memahami lisensi penggunaan sebelum download dan pakaai konten apapun itu dari Pixabay atau situs sejenisnya.

Nah jadi kira-kira seperti itu temen-temen semua. Kalau bicara tentang lisensi sebenarnya sangat ribet ya, saya juga masih belum paham betul.

Saya sarankan misal mau pakai karya orang lain ya bisa izin dulu ya, biasanya mereka mencantumkan cp yang bisa dihubungi, entah email, entah instagram.

Kalau diizinkan ya alhamdulillah, misalkan menghasilkan ya bisa lebih berkah, kalau tidak ya enggak apa2, coba cari yang lain, jangan memaksa, pasti ada kok alternatifnya.

Karena semakin kesini semakin ketat urusan lisensi dan hak cipta itu. Sekali lagi, jangan lupa cari tahu lisensi yang ada pada konten yang mau temen-temen donwload.


Diposting oleh

Berbagi informasi untuk semua. Internet, desain grafis, software dan lain sebagainya. Semuanya bebas untuk dinikmati disini. Jangan lupa tinggalkan komentar agar blog ini semakin maju dan tetap hidup. Terima kasih.

0 tanggapan, kritik, saran, serta komentar.:

Post a Comment


 

© 2014 Saonone's. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top